Sunday, November 3, 2013

Review One Piece Chapter 716


One Piece Chapter 716

Sore nakama! Salam suppaaa!! saatnya ngereview chapter 716 setelah break satu minggu! Yup. Dengan judul Don Chinjaou. Sejak pertama muncul sudah diprediksi bakal menjadi "wild horse" di turnamen ini. Dan nyatanya memang seperti itu! Clash of Conquerors antara tinjunya dengan tinju Lucy di akhir menumbangkan seluruh peserta lain di arena! Yup.. Hanya tersisa dua orang di arena!

1. Coverstory. Oke. Iron Scotch Boy membuat alur cerita mini ini menjadi lebih menarik. Hal pertama yang bisa kita pikirkan adalah Bajak Laut Caribou akan kembali untuk menyelamatkan si nenek dari anak buah Kaidou tersebut, iyakan? Walaupun Caribou terlihat terlalu pengecut untuk melakukan hal heroik semacam itu, tapi itu satu-satunya arah cerita yang pas untuk mini coverstory ini. Atau Caribou dan Coribou akan pergi begitu saja meninggalkan pulau favorit Kaidou tersebut? Ah ngomong-ngomong salah satu anak buah scotch memiliki rambut aneh yang sepertinya berbentuk binatang. LoL.

2. Dimulai dari kombinasi Funk bersaudara. Ternyata Kelly Punk adalah pemakan buah iblis Jake Jake no mi! Awsum! Kuprediksi hal yang serupa di review sebelumnya, tapi konsepnya berbeda dengan yang kubayangkan. XD Buah iblis ini "agak ribet" pemakaiannya. Dia harus mendapat ijin dari tubuh yang dia ingin ambil alih! Kelly bilang dia bisa mengambil alih tubuh hewan ataupun monster yang mengenakannya, tapi memangnya ada hewan atau monster yang mau memakainya saat dia berada pada mode Jaket? XD haha. Kecuali kalau hewan atau monster tersebut sedang tidak sadarkan diri, dan Bobby memakaikan kakaknya ke tubuh hewan/monster tersebut bukan? Oda terkesan punya rencana lain untuk Jake Jake no mi ini kedepannya. Berpotensial memiliki peran di arc ini. Aku bahkan merasa Kelly bisa "mengambil alih" tubuh pemakan buah iblis dan kekuatannya. Misal dia mengambil alih tubuh Jola, kekuatan buah iblis Jola pun bisa dia kendalikan? Maka dia bisa mengembalikan tubuh Nami dan kawan-kawan dari seni modern kembali normal bukan? Jurus Kelly adalah 'Jake Jake : Nininbaori". Nininbaori adalah semacam lelucon dimana seseorang mengenakan mantel besar, sedangkan seorang lainnya bersembunyi dibelakang orang itu berperan sebagai tangannya.

Joke ala Nininbaori ini pernah dipakai Usopp dan Robin di kereta Puffing Tom saat Robin dibawa ke Enies Loby. LoL

3. Sai dan Hasshoken kembali menunjukkan ancaman! Langkah lembut Sai menggunakan tinju Kelly "rarara rambo" sebagai pijakan menunjukkan kematangan keahlian tempur orang ini. Dia bahkan mengalahkan fushion Kel-bob hanya dengan satu tendangan Hasshoken! yup.. Gaya bicaranya saat dia berkata "Bagaimanapun.. Sebagai pemimpin Happousuigun.. Akan kubalaskan dendam anak buahku!" menunjukkan sisinya yang karismatik sebagai ketua. Seperti Smoker saat dia berhadapan dengan Vergo. Dia dan Happousuigun jelas sekali terlihat akan muncul kembali di masa depan. Kano Kuni menjanjikan arc yang menarik nantinya.

4. Kemudian datang lagi Don dengan kata-kata yang agak membingungkan. Dia berkata Garp telah mencuri "kekayaan, masa muda, kekuatan dan segalanya" dari dirinya. Apa yang sebenarnya terjadi? Apakah Garp muda telah menghajar Chinjao habis-habisan sampai dia cedera parah dan menurunkan kekuatannya secara drastis? Tapi orang ini tidak terlihat cacat sama sekali! XD Lain halnya kalau dia kehilangan sebelah tangan misalnya, atau satu mata atau sebelah kaki, wajar dia merasa kehilangan kekuatan. Tapi orang ini masih utuh, dan kata-kata tersebut jadi tak masuk akal. Apa yang dia maksud Garp telah "mencuri kekuatannya" (translate Aohige "took away his strength"). Sempat terpikir kalau kekuatan Garp jauh lebih misterius dari yang selama ini dia perlihatkan, dari yang selama ini pembaca ketahui. Kita tak pernah tahu banyak tentang legenda hidup Marinir ini! Tidak pernah. Dia melempar meriam dengan tangan kosong. Oke. Dia meninju Marco the Phoenix tepat dimuka. Oke. Dia kemudian kalah beradu pukulan dengan cucunya sendiri di medan perang. Udah. Itu aja!? XD Garp nyaris tak pernah memperlihatkan kekuatan aslinya! Atau Oda tidak pernah memperlihatkan kekuatan aslinya! Kita bahkan tidak pernah tahu apakah dia hanya monster superkuat dengan Haki berlebihan seperti Silvers Rayleigh, ataukah ternyata dia pemakan buah iblis dengan kekuatan misterius yang selama ini tak pernah ditunjukkannya. Barangkali kata-kata Don akan menguak sedikit lebih banyak tentang tokoh sekaliber Garp ini ke depannya. Yup. Masa lalu Don ini adalah kesempatan emas bagi pembaca untuk mengetahui lebih banyak tentang Monkey D Garp.

5. Sempat ada pembicaraan menarik tentang kemungkinan Garp telah menjadikan perempuan yang begitu disukai Don sebagai istri (yang berarti adalah nenek Luffy). Makanya Don begitu dendam padanya. Setelah dikalahkan Garp dalam pertempuran, Garp juga merebut orang yang dia cintai. Kurang ajar banget kan? XD ahaha. Itu lumayan menjelaskan kata2 "mencuri kekayaan" yang mungkin berarti Garp menghancurkan kelompok bajak lautnya. "Mencuri kekuatan, masa muda dan segalanya"-Garp merebut orang yang dia cintai, yang merupakan motivasi Chinjao menjadi kuat dan orang yang dia cintai saat masih muda.
Ini kaya sinetron juga sih. Jadi aku tak mendukung teori ini. Haha. Tapi kalau benar ini benar-benar menjadi PLOT Twist lucu yang sangat khas One Piece. Pokoknya masa lalu Don akan menguak masa lalu Monkey D Garp lebih banyak. apapun itu.

6. Jean Ango dan para pelarian Impel Down. Jika kita ingat pelarian pertama yang menuju marineford bersama Luffy berjumlah 241 orang. Itu semua termasuk Luffy, Jinbei, Crocodile, Dazzbone, Iva, Inazuma, Buggy, Mr3, penghuni Newkama Land dan sisanya pelarian yang kelak menjadi anak buah Buggy The Clown.
Kemudian gelombang kedua adalah Teach dan 5 kriminal tingkat atas dari level 6.
Gelombang ketiga adalah para tawanan yang mencuri kesempatan kabur setelah kekacauan yang disebabkan dua gelombang sebelumnya. Dan itu berarti tidak hanya dari level 6. Bisa jadi tawanan level 1-5 juga melakukan pelarian!
Jean Ango berkata dia telah menangkap banyak pelarian itu selama dua tahun ini! Dan yang dia maksud paling masuk akal adalah para buronan dari gelombang ke 3. Itupun bukan level 6 jika kita melihat kekuatannya. Karena hampir mustahil dia menangkap bawahan Buggy The Clown sang shichibukai, apalagi anggota utama Yonkou Kurohige bukan?
Fakta menarik adalah Jean ango berkata dia tahu dimana saja para buronan level 6 berada! Kalau kita pikir lagi darimana dia mengetahui info tentang kaburnya tahanan level 6 tersebut? Bukankah WG menyembunyikannya? Apakah WG membeberkan fakta itu ke beberapa Bounty Hunter "spesial" saja untuk meringkus para tahanan yang kabur? Dan Jean Ango salah satunya? Bisa jadi!

7. Konfontrasinya dengan Luffy di chapter ini sungguh menarik. Jurus Gihaou dari Jean tak bisa menandingi ketangkasan Kenbunshoku Haki (mantra) Luffy. Dia menghindarinya dengan begitu mudah! Luffy bahkan sempat-sempatnya memikirkan Iva di tengah serbuan "peluru" Jean! LoL Kemudian adegan lucu beruntun terjadi saat Jean menyadari seluruh pelurunya justru mengenai Chinjao, dan Luffy mengambil helm nya begitu saja. Serudukan kepala Chinjao menumbangkan Jean begitu saja! Dan ternyata gaya rambut Jean memang Cactus-Style! Itu bukan topinya. XD lol.
Lagi. Walaupun KO sekarang, Karakter ini akan berperan kelak karena dia memiliki info penting tentang keberadaan tahanan level 6.

8. Ideo vs Sai! Boxing vs Hasshoken! Yup. Terlihat seimbang. Datz (si pembawa acara) bahkan sempat berkata kalau salah satu dari mereka akan menjadi juara! XD jika saja tak ada Lucy dan Chinjao di atas arena. Ideo dan Sai tidak siap menerima "surprise attack" dari Luffy dan Chinjao! Barangkali seandainya itu bukan "serangan dadakan", mereka berdua masih bisa memberikan perlawanan. Nyatanya mereka masih sadarkan diri saat berada di permukaan air. Bahkan sepertinya masih bisa melanjutkan pertarungan jika saja masih di atas arena. Mereka kuat.

9. Nah.. Datang lagi doublespread tanpa dialog. Dua halaman tanpa dialog membangun tensi. Benturan antara dua tinju dialiri Busoushoku Koka (Hardening) antara dua pemilik Haki Raja! CLASH of CONQUERORS! Dampaknya jelas. Di halaman akhir panel awal (yang ada Pandaman), terlihat masih ada bayangan peserta lain sedang bertarung, tapi di beberapa panel selanjutnya peserta lain itu bertumbangan, sebagian bahkan terjatuh ke air! Datz terkesima. Penonton ternganga. Barto, Rebecca dan Cavendish diam menyaksikan. Little Battlefish yang harusnya menyerang para peserta jatuh ikut terdiam. Diamante (yang memiliki desain luar biasa xD) berkomentar dengan tenang.

Blok C tinggal tersisa dua peserta.

10. Haohshoku! Yup. Banyak yang bertanya-tanya apa kegunaannya selain menumbangkan orang-orang bermental lemah. Apakah di chapter ini ada kejelasan? Bisakah Haoh juga dialirkan melalui tinju bersamaan dengan Busou? Hingga dampak tinju itu tidak hanya secara fisik tapi juga menyerang mental? Bisa jadi! Kita masih bisa menyaksikan dua pengguna Haoh bertarung di chapter depan, sebelum beralih lagi ke peristiwa lain di Dressrosa ini. Haoh sendiri dikonfirmasi Oda di sbs vol 71 adalah haki yang paling menonjol dalam diri Luffy. Sementara zoro paling menguasai Busou. Dan Sanji paling menguasai Kenbun, yang sudah diperlihatkannya saat merasakan tetesan air mata Tashigi. LoL. Tapi Luffy belum berbuat banyak dengan Haohnya (selain menumbangkan 50ribu musuh di pulau Gyojin). Apalagi Zoro, dia bahkan tak terlihat menggunakan Koka sekalipun! XD monster. (Dia karakter favku setelah timeskip bersama suppaa Franky!)

Ngomong2 Clash of Conquerors. Dulu kayaknya telah terjadi hal serupa dengan skala jauh lebih besar. Benturan antara pedang Shanks dan senjata Shirohige hingga membelah langit!!! XD

Oh info tambahan dari sbs vol 71 adalah kalau Beppo merupakan Navigator bajak laut Heart. Dan pedang Law bernama Kikoku.

Masih menunggu 1 chapter lagi sebelum kita melihat peristiwa yang lain di arc ini, bukan chapter yang suppa OPIC tapi merupakan chapter yang enjoyable untuk dibaca syukurlah minggu depan masih ada chapter sebelum festival obon tanggal 15!

Sumber from Om Tony - Tonyohoho.blogspot.com

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More